hari ini :

Home » Politics » Eni Sumarni Anggota DPD RI Dapil Jabar: Milenial Melek Politik

Eni Sumarni Anggota DPD RI Dapil Jabar: Milenial Melek Politik

EDUPUBLIK, Bandung – Eni Sumarni, salah satu anggota DPD RI perwakilan Jawa Barat, kali ini mengajak kaum milenial melek politik, dimana didasarkan pada nilai-nilai Pancasila.

Lanjut bunda, panggilan akrabnya. Ia menyampaikan bahwa kita harus melek politik jangan sampai buta politik, karena semua keputusan adalah keputusan politik. Namun perlu digaris bawahi bahwasannya politik yang bersumber pada nilai-nilai konsensus dasar berbangsa dan bernegara. Salah satu landasan ideologi Pancasila yang paling fundamental sebagai dasar kita berpolitik di negara kesatuan republik indonesia.

Mengingat, bahwa jika kita berpolitik bersarkan lada nilai norma yang terkandung didalam ruh Pancasila tentu akan melahirkan sebuah politik yang santun dan menghasilkan kebijakan yang berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Hal ini saya kira perlu melekat dalam diri kita sebagai pengamat politik, pemangku kepentingan dan tentu yang berkecimpung didalam ranah politik praktis.

Bukankan kebanyakan landsan idelogi parpol kebanyakan berlandaskan pancasila ? Namun mengapa antipati terhadap partai politik terjadi dimasyarakat kita ? Hal itu yang perlu kita renungkan dan perlu kita jawab oleh anak muda/kaum milenial saat ini. Jika kita analisis bahwa landasan ideologi Pancasila tidak sebatas kebutuhan administrasi partai politik saja, namun perlu menjadi kerangka berpikir mendasar bagi pelaku politik. Tandasnya.

Lanjut, makanya saya bawa gerbong milenial yang masih belum terkontaminasi pola pikirnya untuk menjadi generasi yang berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Tentu pancasila sangat universal tidak sebatas pada politik saja, akan tetapi perlu hadir didalam kehidupan kita sehari-hari.

Konsensus dasar berbangsa dan bernegara yang dikombinasi dalam tataran praktis dengan tema “milenial melek politik” saya berharap ada sebuah perubahan yang signifikan dalam pola pikirnya yang nanti mampu memaknai politik yang baik. Jangan terkesan kotor atau tidak baik, justru jika kita bepolitik berdasarkan nilai Pancasila kita akan menemukan moralitas dan kebaikan didalamnya.

Terakhir saya brharap, semua dapat mengikuti sebuah perubahan pola pokir kaum milenial dalam ranah politik. Dimana pada tahun 2025 Jawa Barat mengalami perubahan yang signifikan yaitu bonus demografi yang tinggi. Oleh sebab itu kaum milenialnya perlu diberikan pemahaman yang mendasar, agar tindakannya selaras dengan landasan ideologi Pancasila.[rls]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares