hari ini :

Home » Ekonomi » BPSK Kab Bandung Agar Semakin Dekat & Dikenal Oleh Konsumen

BPSK Kab Bandung Agar Semakin Dekat & Dikenal Oleh Konsumen

EDUPUBLIK, Kabupaten Bandung
Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) memiliki peran yang sangat penting dalam penyelesaian sengketa konsumen diluar pengadilan serta melakukan pengawasan terhadap pencantuman Klausula Baku.

Inilah bagi para konsumen yang memiliki permasalahan atau ketidakpuasan dengan pelaku usaha maka yang bersangkutan bisa mengadukannya ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK).

Di BPSK nanti akan diselesaikan permasalahan yang menyangkut antara konsumen dengan pelaku usaha. Demikian disampaikan Kepala BPSK Kabupaten Bandung Dartika, S.T.P., M.M. Kamis (29/4/ 2021).

Dijelaskan Dartika, konsumen punya hak sesuai UU No 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

“Ketika konsumen merasa dirugikan maka bisa diselesaikan di BPSK dengan tidak perlu mengeluarkan biaya atau gratis,” kata Dartika.

“Kendala saat ini adalah keterbatasan anggaran sehingga kesulitan untuk sewa kantor atau memiliki kantor yang tetap untuk sidang, oleh karena itu kita tetap berupaya agar BPSK semakin dekat dan dikenal oleh konsumen, serta memberikan pelayanan yang baik”, ujar Dartika.

Ia menambahkan, “setiap tahun angka pengaduan konsumen ke BPSK kabupaten Bandung ini terus bertambah, hingga saat ini saja sudah hampir 80 kasus”.

“Namun problemnya belum seluruh konsumen di kabupaten Bandung mengetahui keberadaan lembaga ini sehingga tidak melakukan pengaduan ketika mereka dirugikan”, tegas Dartika.

Dartika berharap kedepan BPSK kab Bandung memiliki kantor sendiri dan juga sebagai tempat bersidang serta bisa berperan optimal dalam memberikan pengetahuan tentang hak dan kewajiban konsumen serta pelaku usaha sehingga menjadikan konsumen Kabupaten Bandung yang mandiri dan cerdas.[red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares