hari ini :

Home » Lingkungan » Satgas Citarum Sektor 23 Ajak Tokoh Desa Tarumajaya & Cibeureum Bersama Jaga & Lestarikan Hutan Lahan

Satgas Citarum Sektor 23 Ajak Tokoh Desa Tarumajaya & Cibeureum Bersama Jaga & Lestarikan Hutan Lahan

EDUPUBLIK, Kab Bandung – Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor 23 pembibitan kembali mengajak para tokoh masyarakat untuk turut serta menjaga, memelihara dan melestarikan hutan dan lahan diwilayah gunung wayang windu yang terletak di hulu Sungai Citarum. Himbauan Satgas Citarum Harum Sektor 23 itu secara langsung disampaikan oleh Dansektor 23 Kolonel Arh Wahyu Jiantono kepada tokoh masyarakat dr Desa Ciebereum dan Pajaten Kec Kertasari Kab Bandung pada Sabtu 17 Juli 2021 di area wisata edukasi Sektor 23/Pembibitan yg terletak di Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung.

Upaya nyata Satgas Citarum Harum Sektor 23 dalam melaksanakan program revitalisasi hulu Sungai Citarum khususnya terkait dengan gerakan reboisasi hutan lahan setiap waktu selalu dilakukan demi menjaga hutan agar tetap bisa melaksanakan fungsinya sebagai penyangga kehidupan mahluk hidup sekelilingnya.Beberapa warga masyarakat dilibatkan dalam kegiatan sosialisasi penanganan kerusakan DAS Citarum tersebut agar memiliki kepedulian dalam menjaga hutannya.

Masyarakat selalu dihimbau agar tidak saja mementingkan kebutuhan ekonomi semata dari hutan tetapi kepentingan konservasi hutan harus juga menjadi perhatian. Menjadi harapan ketika Satgas Citarum lepas tugas, masyarakat bisa secara mandiri dan penuh kesadaran untuk konsisten memelihara hutan dan lahan yg berada wilayah hulu Citarum.

Berangkat dari keprihatinan Komandan atas ulah beberapa warga masyarakat yang dengan sadar mematikan pohon dengan cara menebang dan mematikan pohon dengan cara dikuliti kambium nya lantas dimasukan cairan untuk membunuh pohon yang bertujuan membuka lahan baru pertanian telah mengusik ketenangan Komandan sektor dan seluruh personel Sektor 23.

Atas seijin Dansektor 23 Kolonel Arh Wahyu, Bintara Pelatih (Batih) satgas Citarum Sektor 23 Pembibitan mengundang pejabat desa di Kecamatan Kertasari khususnya kampung pajaten desa Tarumajaya dan desa cibeureum untuk hadir sekaligus acara silaturahmi yang tujuannya Komandan berkenan memberi himbauan sekaligus penekanan tentang pentingnya menjaga hutan serta wawasan tentang teknik pola tanam yang tanaman semusim yang tidak menjadikan lahan semakin tergradasi.

Disamping itu, potensi alam Gunung wayang windu apabila hutannya baik dapat dimaksimalkan menjadi sebuah destinasi wisata yang tidak kalah menariknya dibandingkan tempat wisata yang lain. Sudah dimulai walau masih dalam taraf penyelesaian Komandan Sektor dengan sentuhan kreatifnya telah menjadikan lereng timur wayang windu menjadi sebuah tempat yg cukup indah dengan hamparan kebun strawberry, wisata perahu,. Camping ground dilahan kopi arabika dan lainnya. Para tokoh masyarakat yang hadirpun tidak ketinggalan untuk berkeliling melihat wisata dan mencicipi buah strawberry, melihat lokasi camping ground dan wisata perahu yang terbuat dari drum bekas dengan memanfaatkan kolam tanah yang terbengkalai.

Di penghujung acara, Sektor 23 memberi bantuan berupa bibit alpukat yang telah di semai sendiri oleh satgas sektor 23 untuk ditanam dilahan yang masih kosong dilereng wayang windu. Mereka sangat antusias serta menyampaikan ucapan terimakasih kepada TNI atas perhatiannya mewakili seluruh masyarakat di dua desa tersebut. Mereka pun berjanji akan menjaga hutan dengan baik,menanaminya serta tidak menebang pohon lagi, karena memang nyatanya akan sangat berbahaya apabila sampai gundul” pungkasnya.[red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares