hari ini :

Home » Politics » Elin Anggota DPRD Jabar Akan Ajukan Bantuan, Budidaya Ikan Lele Jadi Pilihan di Tengah Pandemi

Elin Anggota DPRD Jabar Akan Ajukan Bantuan, Budidaya Ikan Lele Jadi Pilihan di Tengah Pandemi

EDUPUBLIK, Bandung Barat – Dampak pandemi covid-19 selama lebih dari satu tahun yang melanda Indonesia khususnya Jawa Barat memukul perekonomian masyarakat. Budi daya ikan lele menjadi salah satu pilihan untuk menjaga kestabilan finansial dan ketahanan pangan.

Seperti hal nya yang dilakukan kelompok ternak ikan Tunas Mekar di Kampung Mekarwangi, Desa Sariwangi Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Anggota DPRD Jawa Barat, Hj. Elin Suharliah berjanji akan memberikan peluang dengan upaya pengajuan hibah untuk pengembangan budidaya.

“Pada kesempatan ini saya memberikan peluang bagi kelompok ini barangkali nanti bisa mengajukan hibah kepada Gubernur sesuai dengan slot yang ada, yaitu untuk pengembangan ikan lele maupun ikan nila,” ujar Hj. Elin Suharliah saat jaring aspirasi dalam kegiatan Reses III Tahun Sidang 2020-2021, Kamis (5/8/2021).

Elin menambahkan, saat ini masyarakat yang tergabung dalam kelompok ternak ikan Tunas Mekar cukup antusias dalam kegiatan budidaya. Namun begitu mereka masih kesulitan dalam pengembangan kolam bibit.

Selain itu para pembudidaya ini juga kesulitan dalam mendapatkan bibit ikan serta harga pakan yang saat ini dirasakan cukup mahal.

“Untuk pengembangan ikan, bisa mengajukan hibah secara online, mudah – mudahan saya selaku anggota DPRD Provinsi Jawa Barat bisa mengawal agar bantuan ini bisa terealisasi menjadi APBD,” tambah Elin.

Budidaya ikan lele dinilai cukup menjanjikan dimasa pandemi ini mengingat komoditi lele termasuk ikan dengan pemeliharaan yang cukup sederhana. Selain itu, Ikan lele yang mengandung protein cukup tinggi ini memiliki daya tahan tubuh yang kuat serta jarang terserang penyakit.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares