hari ini :

Home » Lingkungan » Satgas Citarum Sektor 23 Pembibitan Kembangkan Kopi Yellow Catura

Satgas Citarum Sektor 23 Pembibitan Kembangkan Kopi Yellow Catura

EDUPUBLIK, Kab Bandung – Mungkin tak banyak tahu, hanya beberapa orang yang pernah bertugas atau datang ke lokasi pembibitan. Pohonnya tidak dikhususkan pada satu areal tertentu, tapi menanamnya di random dengan kopi arabika jenis Sigararutang yang jumlahnya lebih banyak. Kopi yang speciesnya terbatas dan berasal dari daerah Bajawa Flores ini, ternyata hidup subur di Desa Pajaten Kec Tarumajaya Kec Kertasari Kab Bandung tepatnya diareal Sektor 23 Satgas Citarum Harum.

Lebih lanjut Dansektor 23 Kolonel Arh Wahyu Jiantono yang juga penggila kopi menuturkan,”kopi ini memiliki citarasa agak unik, berbeda dengan kopi pada umumnya. Kopi ini ada sedikit rasa lemonnya, nikmat sekali lah pokoknya disajikan pada kondisi yang masih panas ditemani pisang goreng dan dinikmati pada dinginnya udara pegunungan Wayang”,ucapnya.

Kopi ini beda dari umumnya kopi Indonesia. Biji kopi Yellow Cattura tidak berwana merah saat matang di pohon, tapi berwarna kuning saat matang.

Saat ini di sektor 23 pembibitan sudah mampu untuk membudidayakan sendiri kopi Yellow Cattura guna membantu dalam program Rehabilitasi hutan lahan, dikombinasi dengan tanaman kayu keras dan pohon buah seperti alpukat, petai, jengkol dan lain lain.

Lebih lanjut Komandan kelompok pembibitan kopi, Serka Suwarno mengatakan, “kopi yang sekarang sedang berbuah ini , penanamannya pun melalui proses panjang. Semuanya dilakukan di kebun penyemaian dan pembibitan Sektor 23, mulai dari semai biji, oversak, penanaman bibit, pemupukan sampai dengan perawatan dilakukan oleh personel Sektor 23 pembibitan Satgas Citarum harum”,jelasnya.[rls]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares