hari ini :

Home » Lingkungan » Pimpinan Kota Banjar Kunjungi Hejotekno Bersepakat Musnahkan Sampah Dengan KaMiSaMa

Pimpinan Kota Banjar Kunjungi Hejotekno Bersepakat Musnahkan Sampah Dengan KaMiSaMa

EDUPUBLIK, Cimahi – Membalas kunjungan rombongan DPP Gerakan Hejo dan HejoTekno sebagai inventor dan innovator incinerator ramah lingkungan StungtaXPindad ke Kota Banjar pada 15 Septemter 2021 lalu, kembali pada Kamis, 7 Oktober 2021 rombongan Pemkot Banjar dipimpin ‘duo’ Walikota Hj. Ade Uu Sukaesih dan Wakil Walikota H. Nana Suryana sengaja berkunjung ke TPS (Tempat Pemungutan Sampah) 3R (Reuse, reduce, recycling) di Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan, Cimahi.

“Ini gayung bersambut, sudah lama timbulan sampah di Kota Banjar sekitar 80-an ton/hari. Dan 40%-nya itu diakui belum terkelola dengan baik. Kunjungan ke TPS Melong, semakin membuka jalan untuk penuntasan sampah,” ujar Ade Uu Sukaesih yang diamini Nana Suryana serta Sekda Kota Banjar Ade Setiana, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar Sri Sobariah.

Rombongan Ade Uu Sukaesih usai berkunjung ke TPS 3 R di Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan, yberkunjung ke ‘Rumah Kolaborasi Hejotekno’ di Bizpark Hegar Kav. No.04 Jl. Terusan H Alpi No. 103 Bandung Kulon:

“Makin bulat tekad kami, ngabret dan gaspol beberapa TPS di Kota Banjar segera difasilitasi incinerator StungtaXPindad. Hari ini, melalui pengalaman langsung bisa melihat dan merasakan inovasi pengolahan sampah yang sampah yang ramah lingkungan,” terangnya dengan menambahkan –“Tapi masih ada PR, merubah perilaku kita menyangkut perlakuan terhadap sampah. Sekarang harus dipilah sejak dari rumah seperti warga Melong tadi. Yakin kita bisa, apalagi ini tanpa menggunakan APBN maupun APBD.”

Masih di ‘Rumah Kolaborasi Hejotekno’ Eka Santosa, Ketua Umum DPP Gerakan Hejo dan rekan sejawatnya Betha Kurniawan CEO Hejotekno merasa optimis Kota Banjar dalam waktu dekat siap menerapkan program KaMiSama (Kawasan Minimasi Sampah Mandiri) yang menempatkan salah satu elemen-nya incinerator StungtaXPindad.

Seusai Ade Uu Sukaesih meninggalkan ‘Rumah Kolaborasi Hejoteno’, Nana Suryana langsung memimpin rapat untuk percepatan aplikasi ‘KaMiSaMa’ di Kota Banjar Bersama tim Hejotekno:

”Sesuai prinsip Ibu Walikota, apabila dirasa cukup informasi dan banyak kebaikan dari program KaMiSaMa, mengapa tidak dalam waktu dekat segera kedua belah pihak, langsung terjun ke lapangan, menuntaskan persoalan sampah di Kota Banjar.”[red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares