hari ini :

Home » Politics » Pemdes Mekarlaksana Kec Ciparay Laksanakan Pembangunan 50 Rutilahu

Pemdes Mekarlaksana Kec Ciparay Laksanakan Pembangunan 50 Rutilahu

EDUPUBLIK, Kab Bandung – Program Rehabilitasi rumah tidak layak huni (Rutilahu) adalah merupakan salah satu kegiatan pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan penduduk, untuk itu Pemerintah Desa Sukapura, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung pada tahun 2021 ini pihaknya telah mendapatkan bantuan dan merealisasikan sebanyak 50 rumah tidak layak huni (RTLH) diwilayahnya.

Program perbaikan rutilahu merupakan komitmen Pemda Provinsi Jawa Barat di untuk mewujudkan hunian yang sehat bagi masyarakat.

Keluarga calon penerima manfaat program rutilahu merupakan hasil usulan desa/kelurahan melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) atau Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM).

Pemerintah Desa (Pemdes) Mekarlaksana mengucapkan terimakasih pada Pemerintahan provinsi Jawa Barat maupun kabupaten atas bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) yang diberikan kepada warga masyarakatnya.

Pada kesempatannya pemdes Mekarlaksana melalui ketua LPM Paruk S.Pd mengungkapkan bahwa bagi warganya yang termasuk dalam kategori kurang mampu dan mendiami rumah yang tidak layak huni mendapatkan bantuan rehabilitasi Rutilahu, sehingga dengan adanya bantuan tersebut kehidupan mereka menjadi layak.

“Kami ucapkan terimakasih kasih pada pemerintah provinsi Jawa Barat dan kabupaten atas terealisasinya bantuan tersebut di desa Mekarlaksana”,Ucap Ketua LPM, Senin (6/12/2021)

Lanjut Ketua LPM, “Bantuan rutilahu ini dari dana sosial propinsi Jawa Barat kepada desa Mekarlaksana sebanyak 50 CPM (Calon Penerima Manfaat), dan saat ini sedang dalam proses pelaksanaan pada tahap 2, mudah mudahan kedepannya program rutilahu ini terus berlanjut karena masih banyak warga kami yang kurang mampu”,ujarnya.

“Pembangunan rumah rutilahu ini juga bagus, karena disini termasuk tingkat partisipasi dan swadaya CPM masyarakatnya sangat tinggi, bantuan rutilahu di saat covid 19 ini sangat bermanfaat dan membantu sekali bagi masyarakat yang kurang mampu”,tuturnya.

Di tempat terpisah, Ajid salah satu penerima manfaat bantuan Rutilahu (Rumah tidak layak Huni) di RT 02/ RW 09, kampung Rancaheulang Desa Mekarlaksana, mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak pemerintah yang telah merealisasikan renovasi tempat tinggalnya.

“Saya sebagai warga sangat berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat ,kabupaten Bandung, juga pemerintah desa Mekarlaksana, karena dengan adanya bantuan Rutilahu ini benar-benar sangat membantu kami untuk membangun rumah yang sudah puluhan tahun rusak parah. Kami sekeluarga sangat gembira sekali karena yang tadinya rumah kami rusak parah sekarang menjadi bagus kembali dan kamipun mengakui kalo tidak ada bantuan dari pemerintah kami tidak mampu untuk memperbaiki rumah yang sudah lama rusak,” ujarnya.[red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares