hari ini :

Home » Politics » Taufik Hidayat Ketua DPRD Jabar Pimpin Rapat Paripurna Merespon Gubernur, Kembali Bentuk Pansus soal CPDOB

Taufik Hidayat Ketua DPRD Jabar Pimpin Rapat Paripurna Merespon Gubernur, Kembali Bentuk Pansus soal CPDOB

EDUPUBLIK, Bandung – Kembali, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Pembentukan Panitia Khusus (Pansus) I Pembahasan Persetujuan bersama tentang usulan Pembentukan Calon Daerah Persiapan Daerah Otonomi Baru Kabupaten Cianjur Selatan, Kabupaten Tasikmalaya Selatan dan Garut Utara. Rapat Paripurna bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang ipimpin oleh Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat digelar di Gedung DPRD Jabar, Jumat (11/2/2022).

Pantauan redaksi, Pansus I CPDOB (Calon Pembentukan Daerah Otonomi Baru) kali ini setelah dibentuk diketuai Sadar Muslihat, Wakil Ketua I Bedi Budiman, dan Wakil II Yod Mintaraga.

Menurut Sadar Muslihat pembentukan Pansus CPDOB ini merupakan Pansus CPDOB ke tiga setelah sebelumnya dua Pansus CPDOB terbentuk, yakni Pansus CPDOB Sukabumi Utara, Bogor Barat, dan Garut Selatan, selanjutnya Indramayu Barat dan Bogor Timur.

Taufik Hidayat seusai Gubernur Jabar Ridwan Kamil memberikan keterangan kepada para pegiat media, menyatakan:”Sekarang ini kita punya 27 (kabupaten/kota) dimekarkan menjadi 40-an. Ini baru tiga (DOB) pada 2020 ini. Sebelumnya pada 2021 ada dua (DOB), sekarag jadi tiga. Ini bagus, ke depan akan memperlancar rentang kendali di Jawa Barat, di antaranya selain banyak hal positif lainnya.”

Lebih jauh masih kata Taufik Hidayat, momentum persiapan yang matang menuju dibuka kembali moratorium oleh pemerintah pusat, diharapkan kondusifitasnya selalu terjaga. Dirinya seakan mengingatkan kita pada rekam jejak yang positif tentang pemekaran wilayah di Jawa Barat:”Ingat itu keberhasilan sejarah kelahiran Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kota Banjar. Ini modal baik rekam jejak itu, di antaranya.”[red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares