hari ini :

Home » Politics » Yod Mintaraga DPRD Jabar Dorong Pengawasan PPDB 2022 oleh Semua Elemen

Yod Mintaraga DPRD Jabar Dorong Pengawasan PPDB 2022 oleh Semua Elemen

EDUPUBLIK, Bandung – Anggota Komisi V DPRD Jabar, Yod Mintaraga mendorong seluruh elemen masyarakat untuk dapat mengawasi pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022 di Provinsi Jawa Barat, Selasa (14/6/2022)

Seperti diketahui, Kuota PPDB Jabar 2022 tahap 1 jalur afirmasi 20 persen, perpindahan tugas 5 persen, prestasi 25 persen.

Dan tahap 2 untuk jalur zonasi sebesar 50 persen. Untuk Jalur afirmasi terdiri dari 12 persen KETM, 3 persen disabilitas, dan 5 persen kondisi tertentu.

Apabila di tahap 1 jalur afirmasi masih tersisa, hal tersebut bisa ditambahkan ke jalur zonasi. Tahap 1 akan dilaksanakan 6-10 Juni 2022 dan tahap 2 pada tanggal 23-30 Juni 2022.

Yod pun menegaskan bahwa Satuan Tugas (Satgas) PPDB harus lebih pro aktif dalam segi pengawasan penerimaan siswa baru.

“Saya meyakini bebas pungli, karena sudah terbentuk Satgas PPDB, tapi masyarakat pun harus membantu mengawasi terkait PPDB tahun 2022,” ungkap Yod Mintaraga.

Sementara, Aktivis Eksponen 96, Dadi Abidarda sangat mendukung pelaksanaan PPDB khususnya di Tasikmalaya harus terbebas dari kepentingan maupun praktik yang tidak baik.

“Tentu kami pun akan terus memantau terkait pelaksanaan PPDB tahun 2022, dan akan menyerap segala bentuk keluhan dan aspirasi masyarakat,” kata Dadi Abidarda.

Dadi mengatakan, dalam pelaksanaan PPDB tahun 2022, dirinya akan membentuk tim khusus dalam membantu di sektor pengawasan.

“InsyaAllah kami akan membuka posko pengaduan independen, bilamana pada kenyataannya ada hal yang tidak melalui mekanisme,” tuturnya.

Dengan demikian, lanjut Dadi, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jabar dan Komisi V DPRD Jabar.

“Tentunya kami akan terus membantu Satgas PPDB dan Pemprov Jabar, terkait pelaksanaan PPDB pada tahun 2022, semoga saja semuanya berjalan baik dan lancar,” tuturnya.[red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares