hari ini :

Home » Lingkungan » Dansektor 21 Cek Pengolahan Limbah – PT Gamatex Hasilkan Limbah Yang Bening

Dansektor 21 Cek Pengolahan Limbah – PT Gamatex Hasilkan Limbah Yang Bening

EDUPUBLIK, Cimahi – Untuk memastikan hasil yang maksimal dalam pengolahan limbah buang cair pabrik, satgas Citarum Harum sektor 21 yang dipimpin Dansektor 21 kol inf Yusef Sudrajat Cek ulang pengolahan limbah buang cair PT. Gamatex (Garuda Mas Semesta textile) Jln. Industri II No.2 kelurahan utama Kec. Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Sabtu, (6/10/2018)

Pada lokasi yang sama Dansektor 21 membuka coran saluran limbah yang sebelumnya ditutup, karena dianggap sudah melakukan proses perbaikan pengolahan limbah cair yang mengalir ke sungai dengan hasil air yang bening dan juga ikan didalamnya dapat hidup.

Pada kesempatan tersebut Dansektor 21 kol inf Yusef Sudrajat mengatakan bahwa ini bersama satgas Citarum Harum mengecek ulang Pt Gamatex yang bergerak di bidang textile bahan jeans yang pada tanggal 17 September 2018 airnya sudah cukup jernih tapi masih membahayakan. “Saat itu ikan yang dimasukan dalam waktu 5 menit mati semua, ” ujar Dansektor. “Waktu itu juga kita tutup lubang pembuangan limbahnya karena membahayakan ekosistem bukan berarti pabrik ini tidak berproduksi, pabrik ini tetap betproduksi karena airnya di recycle 80 % hanya penurunan produksi kurang lebih 30% karena tidak ada air yang di buang keluar”, lanjutnya lagi.

Yusep mengungkapkan bahwa hari ini dilihat lagi dan di cek lagi dimana hasilnya sudah bagus. “Airnya bening dan ikan didalamnya bisa hidup semua di air ini artinya ini sudah tidak membahayakan lagi , dan tadi secara simbolis kita buka juga coranya, kamu ucapkan terima kasih pada pihak pabrik karena telah membantu proses pengembalian ekosistem dengan pengolahan limbah yang bersih dan bening,” ungkapnya.

Iwan Tirta Cahyono selaku factory manager PT Gamatex menambahkan bahwa dengan pengolahan yang kemarin memang kurang maksimal dan sudah benahi beberapa Minggu ini hingga hasilnya maksimal. “Oleh karena itu kita berani panggil lagi satgas Citarum Harum sektor 21 untuk cek kembali, dan kondisinya kita bisa lihat bersama,” pungkasnya.[sa]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares