hari ini :

Home » Edukasi » Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat Sosialisasikan Citarum Harum di SMAN 1 Ciparay

Dansektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat Sosialisasikan Citarum Harum di SMAN 1 Ciparay

EDPUBLIK, Kab Bandung – Komandan Sektor (Dansektor) 21 Satgas Citarum Harum Kol. Inf Yusep Sudrajat kembali melaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Citarum Harum di wilayah subsektor 9 Ciparay , Senin (30/9/2019) dilingkungan Sekolah, bertempat di aula SMAN 1 Ciparay, jalan Raya Pacet no 188 desa Pakutandang kecamatan Ciparay kabupaten Bandung.

Kehadiran Dansektor 21 dan jajaran Satgas Citarum Harum Subsektor 09 Ciparay ke SMAN 1 Ciparay disambut yel-yel selamat datang oleh ratusan siswa dan guru serta kepala sekolah.

Pada kesempatan Sosialisasi itu DanSektor 21,Kolonel Inf Yusep Sudrajat memberikan pemahaman tentang program Citarum Harum dan permasalahan yang dihadapi sungai Citarum, hingga dikeluarkannya Perpres No.15 tahun 2018 kepada siswa SMAN 1 Ciparay dan para guru serta kepala Sekolah.

Lebih lanjut DanSektor 21 juga, menjelaskan program Citarum Harum dari awal, ketika sungai Citarum menjadi Viral karena dikatakan Sungai Citarum sebagai sungai terkotor di dunia, hingga sungai Citarum dibenahi oleh para prajurit TNI Kodam III Siliwangi.

Masih menurut DanSektor 21,Kolonel Inf Yusep menuturkan “Permasalahan Sungai Citarum adalah sampah, limbah industri, kotoran hewan dan manusia, serta sedimentasi sungai,” kata Dansektor 21, ” Namun masalah utama adalah persoalan sampah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat,” ungkapnya.

Masalah lainnya adalah keterbatasan sarana dan prasarana untuk menangani sampah, “Masyarakat sudah terbiasa membuang sampah ke selokan dan aliran sungai, maka pola pikir tersebut coba kita ubah agar sampah bisa dikelola mulai dari rumah untuk dipilah dan dipilih,” ucap DanSektor 21 di tengah- tengah siswa SMAN 1 Ciparay.

“Sampah yang masih bisa dimanfaatkan seperti plastik agar dikelola dengan baik dan tidak dibuang ke sembarang tempat,” tegas Dansektor 21.

“Mudah-mudahan pemaparan saya saat Sosialisasi Program Citarum Harum bisa ditularkan ke lingkungan rumah dan lingkungan masyarakat,” tambahnya.

Menanggapi kegiatan sosialisasi Program Citarum Harum, Kepala Sekolah SMAN 1 Ciparay, Dudung Abdullah menyambut baik dan sangat mengapresiasi kehadiran Dansektor 21, “Kami menyambut baik kegiatan sosialisasi ini, dan kami akan terus bersinergi dalam penataan sungai Citarum, karena kebersihan adalah tanggung jawab kita bersama.

Maka untuk itu kami, akan tekankan kembali kepada siswa dan guru beserta jajarannya berikut kantin- kantin sekolah untuk lebih peduli lagi terkait limbah sampah, agar apa yang menjadi program pemerintah bisa segera terwujud dengan cara di tiap – tiap halaman ruangan kelas,menyediakan bak sampah begitupun kantin- kantin sekolah,” ujarnya.[red/arb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares