hari ini :

Home » Lingkungan » Bersama Warga & Aparat desa Sektor 21-17 Keruk Sedimentasi Sungai

Bersama Warga & Aparat desa Sektor 21-17 Keruk Sedimentasi Sungai

EDUPUBLIK, Kab Bandung – Giat pengerukan sedimentasi anak sungai Cikaro yang berada di wilayah Solokan Jeruk telah dilaksanakan sejak kemarin yang dilakukan oleh aparat desa Solokan Jeruk yang dibantu oleh satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 17 bersama warga desa yang terkena PHK akibat pandemi Corona sejak hari Kamis hingga 7 hari ke depan (14-20/05/2020) yang dimulai dari pukul 09.00 wib. hingga selesai.

“Kami prajurit satgas Citarum Harum Sektor 21 – 17 dalam waktu 7 hari ke depan akan membantu aparat desa bahu-membahu bersama warga akan mengeruk sedimentasi anak sungai Cikaro,” kata Serma Agus Sumarna saat memberikan keterangan kepada awak media.

Dalam keterangannya Serma Agus mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan program padat karya tunai yang menggunakan anggaran dana desa tahun 2020 yang diikuti oleh kurang lebih 90 orang warga yang terkena PHK.

Sementara itu Lurah desa Solokan Jeruk, Dedi Ruskandi, menjelaskan bahwa program padat karya tunai ini menggunakan dana desa tahun anggaran 2020 di bantu oleh Satgas Citarum harum sektor 21-17 Solokanjeruk. “Di wilayah desa Solokan Jeruk 50 % warganya kerja di pabrik dan akibat wabah Corona banyak yang dirumahkan,”uajr Dedi. “Dengan manggunakan dana desa, rencana kegiatan ini akan berjalan selama 7 hari,” lanjutnya lagi.

Dalam kegiatan padat karya ini lokasi yang sudah di kerjakan adalah wilayah kampung Solokangarut Rw 05 hingga 06. “Kemarin pengerjaan menggunakan alat berat Kobelco. Namun karena banyak jembatan hingga sedimen sulit untuk dikeruk, pengangkatan sedimen akan menggunakan cara manual oleh warga,” terang Serma Agus.

Sasaran yang akan dikerjakan sepanjang -+2,6 km dan sejak kemarin pengerukan sudah dikerjakan sepanjang 1 km. “Satgas citarum harum sektor 21 akan terus berkomitmen utk selalu menjaga dan mengawasi kondisi air sungai selalu bersih terhindar dari sampah dan limbah,” pungkas Serma Agus.[red/bn]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares