hari ini :

Home » Politics » Tia Fitriani DPRD Jabar Peringati Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia : Program Cegah Banjir

Tia Fitriani DPRD Jabar Peringati Hari Gerakan Sejuta Pohon Sedunia : Program Cegah Banjir

EDUPUBLIK, Bandung – Pada Tanggal 10 Januari diperingati sebagai hari gerakan sejuta pohon sedunia. Setiap tanggal ini kita diingatkan betapa pentingnya melestarikan pohon.

Pohon merupakan makhluk hidup yang punya andil dalam pertimbuhan manusia. Proses fotosintesis yang ia punya menjadi komponen alami krusial bagi manusia.

Pohon dapat mengurangi kandungan Karbondioksida (CO2) dalam air dan mengeluarkan Oksigen ke udara untuk nafas manusia.

Selain itu pohon yang tumbuh dalam jumlah besar seperti hutan pinus, mampu membuat 60 persen air hujan bisa terserap oleh tanah. Khususnya untuk spesies hutan berdaun lebar dan tajam bahkan mampu menyerap hingga 80 persen air hujan. Hal ini bisa meningkatkan pasokan air untuk keberlangsungan hidup manusia.

Dalam rangka Hari Sejuta Pohon Sedunia ini juga, Tia Fitriani Anggota DPRD Jawa Barat beserta Relawan Dulur Satia terus melakukan upaya peduli Lingkungan sebagai upaya mencegah kembali terjadi bencana banjir dan longsor.
Pasalnya salah satu penyebab bencana banjir dan longsor karena hutan gundul dan lahan tidur yang tidak produktif.

“Maka dari itulah, kita mengkampayekan akan sadarnya peduli terhadap Lingkungan yang juga sejalan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Nasional dan Hari Sejuta Pohon Sedunia. Harapannya populasi pohon yang tinggi akan jadi lumbung air dan bisa menahan terjadi longsor, di mana mana” tutur Tia Fitriani, Bandung (10/1/2022)

Harapanya pohon yang nantinya ditanam dipilih khusus agar bisa memberikan manfaat jangka panjang, karena mampu memproduksi oksigen dalam jumlah besar dan memproduksi beragam buah untuk dinikmati hasilnya.[red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares