hari ini :

Home » Politics » Tiga Urutan Nama PJ Gubernur yang Diusulkan DPRD jabar, Pertama Prof Keri Lestari

Tiga Urutan Nama PJ Gubernur yang Diusulkan DPRD jabar, Pertama Prof Keri Lestari

EDUPUBLIK, Bandung – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Barat (DPRD Prov Jabar) pada Rabu, 2 Agustus 2023 telah menghasilkan 3 nama calon Pj Gubernur Jabar. Keri Lestari adalah pemilik suara terbanyak disusul Bey Triadi, dan Asep N Mulyana dari 7 nama yang disebutkan 8 fraksi di DPRD Provinsi Jabar.

Adapun tokoh Jabar yang dipilih ada 7 orang, terdiri dari, Prof Keri Lestari, Bey Triadi, Asep N Mulyana, Widodo, Hilman, Prof Karim dan Rudi Gajah.

Terdapat 8 fraksi di DPRD Jabar, terdiri dari Fraksi Gerindra Persatuan, FPKS, FGolkar, FDemokrat, FPDIP, FPAN, FPKB dan Fraksi Nasdem Persatuan Indonesia.

Hasilnya, suara terbanyak didapat oleh Keri Lestari, ia dipilih oleh 7 fraksi, di bawahnya membuntuti Bey Triadi yang dipilih 6 fraksi, lalu ditutup Asep N Mulyana yang dipilih 5 fraksi di DPRD Jabar.

Fraksi di DPRD Jabar yang memilih Keri Lestari pada urutan pertama terdiri atas 4 fraksi yaitu, PKB, PAN, PDI Perjuangan, dan PKS.

Sementara fraksi y ang memilih Bey Triadi di urutan pertama terdiri atas 3 fraksi yaitu Nasdem Persatuan Indonesia, Golkar dan Demokrat.

Sementara fraksi yang memilih Asep Nana Mulyana di urutan pertama tidak ada.

Keri Lestari adalah Direktur Institut Pembangunan Jawa Barat UNPAD, dan Guru Besar Farmasi UNPAD, serta Wakil Rektor III UNPAD (2015-2020).

Sementara, Bey Triadi Machmudin merupakan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, pada Sekretariat Presiden.

Sementara itu, Asep Nana Mulyana adalah Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan di Kementerian Hukum dan HAM RI.

Kepada redaksi Keri Lestari, si pemilik suara terbanyak mengatakan baik menjadi Pj Gubernur Jabar atau tidak, dirinya akan tetap bersinergi dengan DPRD Jabar dan Pemprov Jabar sebagai Direktur Institut Pembangunan Jawa Barat Universitas Padjadjaran (Injabar).

“Saya mengucapkan terima kasih kepada teman-teman di fraksi-fraksi DPRD atas kepercayaannya dan insyaallah, jadi atau tidak jadi Pj, kita mah tetap bersinergi bersama, Injabar Unpad bersama DPRD dan Pemprov Jabar untuk masyarakat Jabar,” tutur Keri Lestari.

Sementara, Bey Triadi Machmudin mengatakan belum bisa berbicara banyak karena hal ini masih dalam proses pengajuan, belum disahkan oleh Presiden RI.

“Terima kasih kepada DPRD, kami menjadi kandidat Pj Gubernur walaupun masih panjang prosesnya. Makanya kami belum bisa bicara lebih banyak karena masih kandidat,” ucapnya.

Lebih lanjut, mantan Kajati Jabar Asep Nana Mulyana secara pribadi juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan, kehormatan yang diamanahkan atau diberikan oleh masyarakat Jawa Barat melalui DPRD.

“Tentu saja, sekali lagi, ini bagi kami sebagai sebuah hal yang harus kami apresiasi, sebagai aspirasi, maupun juga dukungan dari masyarakat jawa barat,” paparnya.

Tiga nama itu diusulkan untuk menggantikan pasangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum, yang masa jabatannya akan berakhir pada 5 September 2023.[red].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares